Apa sih yang bisa dibanggakan dari Kota Batam?

Dalam kesempatan ini, izinkan saya untuk menyebutkan satu – persatu apa yang bsia kita banggakan dari kota batam ini. Ma’af kalau bukan semua yang dapat saya sebutkan, soalnya ini hanya sepengetahuan saya. Dulu banyak berita dikoran² bahwa kota ini dinobatkan salah satu kota terkotor di Indonesia, karena ejekan yang begitu pedih, pemerintah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada d kota batam untuk lebih peka terhadap jebersihan lingkungannya. Dan akhirnya himbauan tersebut berhasil juga. Dan akhirnya Batam mendapatkan pengharga’an Adipura dari bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyonosby-ria-adipura. Saya kira hanya demi mendapatkan pengharga’an itu saja, setelah mendapatkannya masyarakat sudah cuek lagi. Ternyata tidak, sampai detik ini masyarakatpun masih peduli terhadap lingkungannya dikarenakan memikirkan dampak dari jika membuang sampah sembarangan.

Itu yang pertama, yang kedua dari pendidikannya. tidak usah terlalu jauh, kita ambil contoh saja sekolah saya. saya bersekolah di SMK KARTINI Baloi, anak² Mesin otomotifnya sudah mampu merakit motor sendiri dan insya allah pada tahun mendatang akan melaksanakan tukar pelajar anatara Kartini dengan pelajar Korea…(wuahhhh, semoga saya yang terpilih ya, hee aminnn). saya disini mengambil jurusan MULTIMEDIA, dibatam hanya satu²nya sekolah yang memiliki jurusan multimedia. kegiatan kami disini beragam, nah yang bisa kita banggakan adalah sewakt saya dan teman² saya mengikuti Seminar Robot dan pembuatan film Animasi berbentuk 3Dimensi. Pertama saya akan menceritakan pengalaman teman saya yang telah mengikuti seminar tersebut. Mereka mengikuti seminar selama 2 hari. nah disana mereka diajarkan bagaimana cara merakit hingga memprogram sebuah robot oleh mahasiswa Politeknikh Batam.Kayra Mahsiswa Politekhnik Batam( wuahhh, siapa yang tidak bangga anaknya sendiri bisa menciptakan sebuah robot) Politeknikh batam pun mengadakan perlomba’an robot tingkat SMA/SMK dan Mahasiswa dan rencana pemenang akan di’ikut sertakan dalam lomba robot ditingkat nasional.Aminn.Nah kalau ini pengalaman saya ketika mengikuti seminar pembuatan film animasi berbentuk 3Dimensi pada tanggal 11 April 2009. disana pertama kami diberitahu keunggulan dari linux, dan setelah itu kami diberi pengarahan tentang pembuatan film Big Buck Bunny, dengan masa 6 bulan dan yang membuat hanya 10 orang dan hasil filmnya benar² sangat bagus dan luar biasa. (nah, yang buat pasti orang² yang jago banget dalam membuat animasi) salut deh, itu adalah prestasi yang benar² patut diacungkan jempol, dan emang sh yang buat orang² luar negeri,tapi animator kita yang dibatam ini juga handal lho membuatnya (walaupun dalam waktu yang agak lama, heheheh). Sewaktu smp saya juga punya temen yang prestasinya gak kalah jauh, dia juga pernah mengikuti kegiatan pramuka di Jepang. (jadi ngirii…!)

Dalam dunia Olahraga, batampun memiliki atlit tinju yang sudah pernah main ditingkat internasional yang bernama Rio Butar-Butar dan anak didik lainnyapun sering menjuarai ditingkat nasional. (hmmm, semangat buat olahraga. Patut ditiru tuh) Ketua DPRDnya pun saya salut, ternyata beliau seorang ketua Club Taekwondo Batam yang bernama IDANK CLUB. Ia bernama Bpk. Suryo Respationo. Nah, pemimpinnya aja sudah begini, apalagi masyarakatnya. Ya nggak…^^ DiBatampun banyak GOR² dan lapangan Outdoor yang bisa kita manfa’atkan,seperti di Temenggung Abdul Jamal. Disana banyak sekali tempat² yang bisa kita manfa’atkan seperti GOR BADMINTON, Lapangan Basket, Lapangan yang luas buat yang hoby Balap, dan lapangan Sepak Bola yang begitu luas. Tak sedikit warga batam yang menfa’atkan fasilitas yang diberi pemerintah disana, setiap minggupun banyak warga sekitar yang berolahraga disana, seperti bermain bulu tangkis, Jogging, bermain Basket, dan banyak lagi.

Saya juga masuk di Forum Anak Batam (FAB), dimana anak²nya sangat perhatian dengan anak² yang berada di batam (terutama anak gelandangan dan pengemis). Disini kami menangani masalah² yang terdapat dengan anak jalanan dan keluhannya kepada pemerintah. Seluruh aspirasinya kami tuang dalam sebuah catatan dan kemudian kami cari jalan solusinya dengan pembina kami. Forum ini diresmikan oleh Ibu, Sri Sudarsono (Beliau adalah adik dari bapak Bj. Habibie dan pemilik yayasan di sekolahku) dan setiap tahun kadang kami mengadakan Kreasi Anak Jalanan, jadi disini mereka bisa menghadirkan kemampuan mereka ke masyarakat luar dan pemerintah, dan kami juga sering mengadakan Forum Anak Bebas Tembakau (FABT) agar anak² diBatam bisa menjauhkan dirinya dari dampak bahayanya merokok. Yah walaupun baru tergabung dalam Forum ini, saya kagum terhadap semua anak² yang tergabung disana, hampir 80% dari mereka adalah anak² dari keluarga yang sangat berkecukupan, seperti pada Hari Anak Sedunia kemarin.Mereka Rela berpanas-panasan untuk turun kejalan raya demi menyuarakan Hak² Anak didunia ini dan membagin setangkai bunga dan stiker.Aksi² sosial ini hanya kami persembahkan untuk anak² kebanggaan Batam, agar dimasa depan Indonesia terutama Batam bisa mengalahkan negeri tetangga. Aminn

Mungkin cukup sekian yang bisasaya ceritakan tentang apa² saja yang bisa diambil contoh dari anak² batammaupun masyarakatnya. semoga batam bisa menjadi cerminan dan panutan bagimasyarakat INDONESIA semua…

Iklan